Jum`at, 20 September 2024

INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Karangtengah Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen

PEMANFAATAN LAHAN UNTUK PERKEBUNAN DAN BUDIDAYA IKAN

PEMANFAATAN LAHAN UNTUK PERKEBUNAN DAN BUDIDAYA IKAN

Desa Karangtengah salah satu Desa yang terletak di pegunungan. Seperti Desa-Desa lain di Kecamatan Karanggayam, Desa Karangtengah juga mengalami kekuangan air pada musim kemarau. Kondisi ini membuat kegiatan pertanian, perkebunan dan perikanan budidaya kurang optimal. Untuk mengatasi hal itu para petani di Desa Karangtengah mengupayakan sistim pertanian/perkebunan dengan tumpang sari dengan budidaya ikan. agar ikan dapat tetap dapat dipelihara para petani/peternak menggunakan media terpal.

Salah satu yang memanfaatka lahan untuk budidaya tanaman perkebunan seperti jenitri, pepaya dan lain-lain yang dikombiasikan dengan kolam ikan adalah Pokdakan RW 02. Setelah diterapkan metode kolam terpal dan kombinasi budidaya tanaman perkebunan jenitri ternyata hasilnya cukup bagus. Limbah kolam langsung digunakan untuk menyiram dan memupuk tanaman jenitri. Pohon jenitri yang disiram dengan air dari kolam ternyata lebih subur dan produktifitas buah lebih tinggi.

Pada tanggal 31 Agustus Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN) RW 02 kembali menerima bibit ikan. Untuk Tahun ini jenis nila yang merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen. Jumlah yang diterima Bibit ikan 10.000 ekor dan pakan ikan.

Semoga dengan pemanfaatan lahan seperti ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu diharapkan dengan banyaknya kolam ikan dan tanaman perkebunan kondisi air tanah meningkat dan kedepan masyarakat tidak lagi kekurangan air pada musim kemarau.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter