Minggu, 05 Mei 2024

INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Karangtengah Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen

Makam Mbah Agung Kajoran di Desa Karangtengah

Makam Mbah Agung Kajoran di Desa Karangtengah

Makam Mbah Agung Kajoran di Desa Karangtengah

Selama ini mungkin orang dari luar Desa Karangtengah dan Desa Kajoran menganggap bahwa makam Mbah Agung berada di Desa Kajoran. Makam Mbah agung terletak di kompleks pemakaman Pesarean Gede Desa Karangtengah Kecamatan Karanggayam. Tepatnya sekitar 150 meter ke arah barat dari stanplat/terminal Kewao Desa Kajoran. Jarak dari Balai Desa kurang lebih 400 M dan 4 KM dari Kantor Kecamatan Karanggayam. 

Bangunan makam berupa joglo yang didalam bangunan tersebut dimakamkan Mabah Agung (Pangeran Danasari) dan Istri. Bangunan tersebut dikelingi pagar dan didalam pagar terdiri dari beberapa makam. Di sebelah timur adalah makam Ki Mertajaya dan sebelah barat adalah makam putra/putri/kerabat Mbah agung. Masih didalam pagar juga dibangun pesanggrahan untuk tamu yang menginap dan tempat Yasin/Tahlil. 

Kompleks Pemakaman Pesarean Gede juga dilengkapi Pesanggrahan/aula, mushola dan sarana MCK. Untuk menghormati para leluhur kendaraan dilarang masuk sampai makam. Kendaraan disediakan tempat parkir di terminal Kewao.

Juru Kunci Makam dari Desa Karangtengah adalah Karyareja yang beralamat di RT 02 RW 02. Beliau merupakan keturunan dari Mbah Agung.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Makam Mbah Agung

Statistik Pengunjung