INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Karangtengah Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen

GERTAK PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk) Desa Karangtengah

GERTAK PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk) Desa Karangtengah

Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan pada musim penghujan yang rawan terjadinya berbagai macam penyakit, salah satunya demam berdarah. Pada pagi ini Pemerintah Desa Karangtengah bersama Forkompincam Karanggayam, dan petugas kesehatan dari Puskesmas Karanggayam 1, Guru SDN Karangtengah, Bidan Desa, Kader serta Perangkat Desa melaksanakan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) ke sejumlah rumah warga, Jumat, 26 April 2024. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mencegah DBD dan Malaria .

Dalam pelaksanaan PSN ini Kepala Puskesmas Karanggayam beserta para petugas lain melakukan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk demam berdarah di tempat penampungan air, seperti bak kamar mandi dan tandon air. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan sehat yang terbebas dari nyamuk demam berdarah dan malaria. Setelah berkeliling dari rumah ke rumah ternyata masih didapati beberapa genangan air yang terdapat jentik-jentik nyamuk. Dari Petugas kemudian memberikan bubuk abate dan pengurasan genangan air.

Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan terutama dilingkungan sekolah perlu adanya kerjasama dan kepedulian dari semua pihak mulai dari kesadaran penghuni rumah, kader Jumantik, Bidan Desa, Pemerintah Desa agar saling mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan termasuk kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan desa.

“Dalam kegiatan ini Forkompincam mengingatkan kepada warga untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah maupun lingkungannya agar dapat mengurangi tempat berkembang biak nyamuk penyebab demam berdarah”, 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter